Top Social Icons

Thursday 12 January 2017

Bang Fajar (Frengky) : Anak Mapala itu harus Keras!! Jangan Lembek


Terus terang saya sangat bangga dengan adik-adik saya di Comodo Mapala Fe Unpar, karena sampai dengan sekarang organisasi ini masih eksist dan aktif. Karena tidak sedikit organisasi-organisasi kemahasiswaan yang mati ditengah jalan alias bubar.
Saya yakin eksistensi Comodo Mapala Fe Unpar ini tidak mudah diperjuangkan, pasti banyak hal yang telah adik-adik korbankan dan mengambil hikmah dari setiap dinamika yang terjadi di organisasi ini.

Pada tahun 1981 kami hanya 9 orang, dan sekarang jumlah anggota sudah lebih dari 200 orang, ini tentu saja telah melewati masa-masa tersendiri dan di setiap masa memiliki cerita dan tantangannya tersendiri. Kalau dahulu pada masa awal-awal, kami mencoba mempertahankan eksistensi kelompok ini dengan banyak pertarungan fisik (berantem) dengan pihak-pihak yang tidak ingin kami ada di kampus dibandingkan dengan berdialog, pokoknya hajar dulu, baru berdialog. Tapi saya yakin sekarang lebih diutamakan berdialog dalam menyelesaikan berbagai persoalan, dan itu bagus, namun juga harus tetap memiliki kesiapan jika memang diperlukan adu fisik nantinya.


Menjadi mahasiswa pecinta alam (Mapala) itu harus keras, jangan lembek. Kenapa  saya bilang anak mapala harus keras, karena berdasarkan pengalaman kami pada tahun 1981 saat kami mengikuti kegiatan Pendakian Lintas Alam se-Kalimantan (kami mendapatkan juara 3 pada waktu itu) di Banjarmasin, ada salah satu peserta (peserta dari fakultas hukum kalau tidak salah) yang meninggal dalam kegiatan Pendakian Lintas Alam tersebut dan pada saat itu kami merasa sangat berduka sekali. Saya juga sering mendengar berita tentang anak-anak pecinta alam yang meninggal dunia saat kegiatan di alam bebas, makanya saya selalu menganjurkan kepada adik-adik junior saya sebelum kita mengikuti atau melaksanakan kegiatan alam bebas, kita cek dulu kesehatan kita apakah mampu atau tidak? Kalau tidak mampu, jangan dipaksakan karena kegiatan alam bebas ini resikonya sangat besar sekali. Itu yang saya minta ke adik-adik anggota Comodo karena di comodo ini orangnnya harus keras dan jangan ada yang lembek. Comodo ini harus keras kalau ada yang lembek, tidak usah masuk Comodo, kita memerlukan orang yang keras. Dalam artian, terdidik/ memiliki pengetahuan dan kemampuan hidup di dunia kepecintaalaman dan mempunyai suatu motivasi untuk kebenaran dan kebaikan serta untuk memajukan organisasi Comodo Mapala ini.

No comments:
Write comments