Top Social Icons

Tuesday 10 January 2017

Handout Aktivitas Pecinta Alam

(Salah satu kawasan yang menarik untuk dijadikan lokasi aktivitas Alam Bebas,,Gugusan pegunungan Bt. Sebayan Kabupaten Lamandau-Kalteng <>Photo by Safrudin)
Salam Lestari...!!!
Sudah sangat banyak rasanya materi-materi (handout) aktivitas di alam bebas/ Aktivitas Pecinta Alam yang berseliweran di berbagai media saat ini, namun tidak salahnya penulis mencoba memuatnya kedalam blog ini, sambil menunggu mimpi penulis untuk membuat handout Aktivitas diAlam Bebas terutama di Alam Kalimantan yang khas dan unik
terealisasi, Mohon do'anya agar proyek ini segera terealisasi. Penulis juga menyadari Hanout ini masih belum sempurna dan masih memerlukan pembenahan dan penambahan disana-sini, anggap saja Handout ini masih versi 0.1 dan akan ada versi-versi pengembangan berikutnya.

Ok, untuk menyingkat tulisan ini, penulis ingin memberitahukan bahwa handout ini di ambil dari materi-materi DIKLATSAR (Pendidikan dan Latihan Dasar) Comodo Mapala yang disusun oleh salah satu senior penulis di Mapala Comodo, yakni bang NRD atau PJH 0103 (sengaja namanya disamarkan dan hanya anggota Comodo yang pasti tau siapa abang ini, karena penulis belum sempat meminta ijin untuk menyebarkan tulisan yang beliau buat ini) semoga dimaklumkan. Handout ini akan ditulis secara terpisah berdasarkan masing-masing materi, diantaranya ;
  1. Berangkat dan Pulang Selamat
  2. Management Perjalanan & Peralatan 
  3. Pengetahuan Dasar Navigasi Darat
  4. Pengetahuan Dasar Survival
  5. Mendaki Gunung 

Silahkan bagi yang ingin memabaca untuk sekedar menambah wawasan pribadi atau membaginya ke khalayak. Terkhir, penulis akan mengutip sedikit tulisan dari si penyusun materi Diklatsan ini "setiap pegiat alam bebas paling tidak harus mengerti dan faham pada pengetahuan dasar kepecinta alaman sebagai modal untuk dapat mengurangi resiko yang mungkin akan terjadi di alam bebas".

No comments:
Write comments